Tinggal Sendirian Sering Bangun Telat? Ini Dia 5 Tips Jitu Supaya Bisa Bangun Pagi

Semakin pagi seseorang bangun, maka kesempatan yang akan didapat untuk meraih rezeki akan semakin besar. Kalimat ini bukan omong kosong belaka. Banyak orang sukses yang telah membuktikan kehebatan dari kebiasaan bangun pagi. Tidak ada alasan untuk tidak bisa bangun pagi. Sekalipun Anda tinggal sendirian di kos atau kontrakan.


Ya tapi memang bangun pagi itu susahnya bukan main. Tapi ingatlah bahwa kebiasaan bangun siang benar-benar bisa menurunkan kualitas hidup. Tak hanya sekedar membuat repot di pagi hari karena telat berangkat kerja, tapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Sering bangun siang karena begadang dapat memicu stres, kelelahan di siang hari, menurunkan produktivitas, hingga meningkatkan risiko kanker. Terlebih jika jika Anda beragama Islam, sering bangun telat berarti Anda juga sering melewatkan kewajiban untuk menunaikan sholat subuh.

Jika selama ini sering telat bangun, kebiasaan itu harus segera diperbaiki. Merubah kebiasaan bangun siang butuh tekad yang kuat. Tekadkan bahwa Anda ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, terapkan pula 5 tips jitu supaya bisa bangun pagi berikut ini:

Memasang alarm 

Memasang alarm wajib hukumnya, terutama bagi Anda yang susah untuk bangun tidur. Jika mungkin biasanya ada orang lain yang akan membangunkan Anda dengan segala cara, namun karena kini Anda tinggal dan tidur sendiri, maka “teman” terbaik untuk membangunkan Anda di pagi hari adalah alarm. Jika memungkinkan, pasanglah nada alarm yang kencang sehingga Anda bisa langsung terbangun ketika alarm tersebut berbunyi.

Jika suara alarm yang kencang kadang tak mempan, letakkan ponsel atau jam alarm Anda agak jauh dari tempat tidur. Jadi Anda akan “dipaksa” untuk beranjak dari tempat tidur untuk mematikan bunyi alarm yang mengganggu. Selain itu, usahakan untuk memasang alarm dengan cara mematikan yang sulit. Sekarang ini banyak aplikasi alarm dengan cara mematikan yang sulit seperti memindai barcode, menggoyang-goyangkan ponsel, memotret gambar, hingga menyelesaikan soal matematika.

Matikan lampu pada saat akan tidur dan nyalakan lampu pada saat Anda bangun 

Menurut penelitian, tidur dengan kondisi ruangan gelap dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan masuk ke alam tidur dengan lebih alami. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan lampu pada saat akan tidur. Setelah mendengar bunyi alarm, baiknya langsung nyalakan lampu begitu Anda bangun dari tidur di pagi hari. Lampu yang menyala, apalagi yang terang cukup efektif untuk mencegah Anda kembali tidur.

Selain menggunakan lampu, Anda juga dapat memasang tirai putih tipis yang apabila terkena sinar matahari pagi akan tembus. Bahkan menurut pakar, jika Anda termasuk orang yang susah untuk bangun pagi tepat waktu, Anda disarankan untuk tidur dengan sebagian tirai yang terbuka. Hal ini bertujuan agar pada saat tirai putih tipis tersebut terkena sinar matahari pagi, Anda juga akan tersinari sehingga dapat segera bangun dan beranjak dari tempat tidur.

Menjaga pola makan sehat sebelum dan sesudah bangun tidur 

Menjaga pola makan sehat sebelum tidur penting untuk dilakukan, karena kualitas tidur Anda juga dipengaruhi dengan apa yang dikonsumsi sebelum tidur. Jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik dan sehat, hindarilah mengkonsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur. Keduanya dapat mengurangi kualitas tidur dan membuat Anda bangun tidak sesuai dengan target jadwal yang diinginkan.

Untuk kafein, Anda perlu menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya paling tidak 5-8 jam sebelum waktu tidur Anda tiba. Selain kopi, teh, soda dan coklat juga mengandung kafein, sehingga Anda perlu menghindarinya jika ingin bisa bangun pagi.

Bagi Anda yang memang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein di sore atau malam hari, Anda perlu memperhatikan hitungan waktu tersebut. Hal ini bertujuan agar kualitas tidur Anda tetap bagus sehingga tidak telat bangun keesokan harinya.

Menurut para pakar kesehatan, agar memiliki kualitas tidur yang baik, hindarilah mengonsumsi kafein setelah pukul 16.00. Karena jika mengonsumsi pada jam-jam tersebut atau bahkan jam 18.00, maka kemungkinan Anda akan bisa tidur pada pukul 23.00.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk langsung mengkonsumsi air putih pada saat setelah bangun tidur. Minum air setelah bangun tidur dapat menghidrasi sel dan otak, badan memiliki energy untuk bergerak. Menyediakan botol minuman di dekat ranjang termasuk ide yang cerdas, karena begitu kedua mata Anda terbuka bisa langsung minum dan mendapatkan energi untuk beranjak dari ranjang untuk melakukan aktivitas yang membuat badan lebih bugar dan semangat.

Jauhkan gadget dan elektronik menjelang tidur 

Setidaknya 30-40 menit menjelang waktu tidur, matikan semua gadget dan elektronik (seperti televisi dan radio). Cahaya biru yang dipancarkan benda-benda tersebut mengakibatkan mata terjaga. Pasalnya cahaya itu ditangkap oleh otak sebagai cahaya seperti di siang hari yang berarti belum waktunya tidur sehingga pelepasan hormon yang memicu rasa kantuk menjadi terhambat.

Selain itu, Anda juga mungkin merasakan kegelisahan yang meningkat karena terpapar berbagai jenis informasi yang Anda dapatkan dari gadget dan elektronik. Akibatnya, Anda sering tidur larut dan bangun kesiangan.

Mengatur jadwal tidur yang teratur 

Jika selama ini Anda mungkin susah bangun pagi, cobalah untuk mengatur ritme tubuh, agar dapat membiasakan diri bangun pagi. Bahkan jika cara ini telah berhasil, tanpa sebuah alat berupa alarm pun tubuh Anda sudah akan bangun pagi dengan sendirinya.

Mulai sekarang, khusus bagi Anda yang tinggal sendirian dan sering bangun telat, cobalah untuk membiasakan diri tidur dan bangun secara teratur pada jam yang sama. Jika bisa dilakukan secara konsisten, maka Anda tidak akan lagi susah untuk tidur atau bangun tidur di pagi hari.

Itulah 5 tips jitu supaya bisa bangun pagi yang bisa Anda terapkan. Terutama bagi Anda yang selama ini mungkin ada seseorang yang membangunkan Anda dan kini Anda harus mandiri, cara-cara tersebut akan sangat membantu Anda dalam membiasakan diri untuk bangun pagi. Selain kelima cara tersebut, hal penting lain yang perlu Anda terapkan adalah sikap optimis.

Apabila Anda optimis untuk menghadapi hari esok, maka dengan sendirinya Anda akan memiliki semangat untuk bangun tepat waktu. Hal ini tidak mustahil, karena dalam pikiran Anda ada cambuk ajaib, yaitu kesadaran bahwa ada sesuatu yang perlu dikejar dan dikerjakan guna memperoleh hasil yang lebih baik dari kemarin.

Postingan populer dari blog ini

Super Cantik! Pantai-Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul – Jogja

Baru Pertama Kali Ke Jogja? Ini Dia Spot Nongkrong yang Nyaman Bersama Teman