Super Cantik! Pantai-Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul – Jogja

Gunung Kidul merupakan surganya destinasi wisata pantai di Jogja. Terdapat puluhan spot wisata pantai, dan diperkirakan masih banyak pantai yang tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Jadi jika kamu ingin menikmati suasana liburan layaknya di pantai pribadi, datangilah pantai-pantai tersembunyi di Gunung Kidul. Yuk simak daftarnya!


Pantai Wediombo 

Pantai Wediombo tergolong masih perawan karena belum banyak orang yang berlalu-lalang di sana. Lingkungan sekitar pantai ini dikelilingi oleh hutan mini yang sangat indah. Jika kamu malas berenang di lautan lepas atau takut dengan besarnya ombak, ada laguna di bibir pantai yang dikelilingi batu karang dengan tinggi sekitar 1.5 meter. Jadi kamu bisa berenang sepuasnya di laguna tersebut tanpa perlu khawatir terkena ombak besar.

Pantai Pandansari 

Pantai Pandansari juga layak dikunjungi saat kamu mencari pantai cantik di Jogja. Kamu bisa menikmati sore hari di bibir pantai tanpa gangguan orang lain. Kamu pun bisa naik ke mercusuar di sana untuk menikmati hamparan Samudera Hindia yang membentang luas. Tak hanya itu, di sana juga ada perkebunan buah naga. Kamu bisa masuk dan memetik buah naga, lalu membayar sejumlah uang kepada pengelola sesuai berat buah naga yang kamu petik.

Pantai Wohkudu 

Pantai Wohkudu terletak di Kecamatan Panggang di mana kawasannya masih terbilang sepi. Uniknya lagi, pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang cukup unik karena bibir pantainya diapit dua tebing karang tinggi yang rimbun tumbuhan hijau. Akses ke pantai ini masih sulit. Sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan pepohonan yang rimbun sekaligus jalan dengan bebatuan yang cukup tajam. Tapi kamu tidak akan kecewa dengan kondisi alamnya yang masih asri.

Pantai Jogan 

Gunung Kidul juga menyembunyikan salah satu pantai yang sangat unik, bahkan saking uniknya kamu mungkin jarang menemukan pantai seperti ini di tempat lain. Namanya pantai Jogan, di mana kamu tidak hanya bisa menemukan pantai, tapi juga air terjun! Menariknya lagi, aliran air terjun tersebut langsung meluncur ke bibir pantai. Perpaduan pemandangan laut, air terjun, dan batu karang dengan tumbuhan hijau dijamin akan memberimu pengalaman wisata pantai yang begitu berkesan.

Pantai Kukup 

Jika kamu mencari pantai di Gunung Kidul yang dipenuhi dengan biota laut, maka pergilah ke pantai Kukup. Kamu tak perlu snorkeling atau diving. Karena di bibir pantainya pun, kamu sudah bisa melihat atraksi biota-biota laut yang cantik! Selain terkenal karena biota lautnya, pantai ini juga memiliki pasir putih yang sangat indah dan banyak bebatuan koral yang memanjang ke lautan lepas. Bukan cuma itu, kamu pun bisa menemukan jembatan yang menghubungkan antara bibir pantai dengan pulau mini yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Pantai Sarangan 

Pantai Sarangan memiliki bibir pantai yang panjangnya hanya sekitar 200 meter tak seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Meski begitu, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah cantik. Dengan ombak relatif kecil, pantai ini juga cukup aman jika kamu membawa anak-anak. Pengunjungnya juga tidak terlalu ramai. Dan salah satu hal yang paling disukai oleh pengunjung pantai ini adalah berburu panorama sunrise untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Pantai Watulawang 

Pantai Watulawang menawarkan keindahan batu karang yang cantik lengkap dengan pasir putih yang memanjakan mata. Karakter ombaknya yang tidak terlalu besar memungkinkan pengunjung untuk bermain air. Kamu yang hobi fotografi juga pasti betah karena pantainya masih terbilang alami dan bersih. Selain itu, suasana pantai yang terletak di timur pantai Indrayanti ini masih relatif sepi karena akses jalan yang masih seadanya. Tetapi sudah tersedia fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola.

Pantai Tanjung Kesirat 

Di pantai Tanjung Kesirat, kamu mungkin tak bisa main air secara langsung. Pasalnya, pantai ini tak memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir putih, melainkan tebing. Tapi di pantai ini kamu bisa menikmati liburan dengan camping dan memancing. Akses jalannya yang cukup menantang membuat pantai ini belum ramai pengunjung sehingga cocok sekali untuk kamu yang ingin lebih dekat dengan alam di momen liburan.

Nah itulah pantai-pantai tersembunyi di Gunung Kidul yang bisa membuat liburanmu di Gunung Kidul menjadi lebih spesial. Beberapa destinasi wisata pantai tersebut belum banyak dikunjungi orang, jadi liburanmu bisa terasa lebih ekslusif. Hanya saja, karena letaknya yang tersembunyi, dibutuhkan ekstra tenaga dan waktu agar bisa mencapai pantai-pantai tersembunyi di atas. Tapi jangan khawatir, setelah kamu sampai, semua lelahmu akan langsung terobati dengan keindahannya.

Postingan populer dari blog ini

Tinggal Sendirian Sering Bangun Telat? Ini Dia 5 Tips Jitu Supaya Bisa Bangun Pagi

Baru Pertama Kali Ke Jogja? Ini Dia Spot Nongkrong yang Nyaman Bersama Teman