Yuk Berburu Oleh-oleh Unik di 7 Tempat Belanja Kerajinan Jogja Ini!

Jangan ngaku traveler sejati, jika belum mengunjungi Jogja! Banyak hal-hal unik di Jogja yang tidak bisa kamu temukan di tempat lainnya. Kamu seorang culinary traveler? Jogja punya banyak spot kuliner yang enak-enak. Atau kamu seorang photography traveler?

Jogja pun memiliki banyak tempat wisata alam dengan pemandangan yang ciamik. Dan jangan lupa saat berlibur di Jogja, sempatkan untuk membeli oleh-oleh. Apalagi banyak tempat belanja kerajinan di Jogja yang bisa kamu jelajahi.


Oleh-oleh dapat memberikan kesan spesial bagi si penerimanya. Itulah mengapa ketika traveling di Jogja, kamu mesti cari spot-spot belanja kerajinan yang tepat agar mendapatkan buah tangan yang tepat untuk orang-orang tercinta yang menunggu kepulanganmu. Nah langsung saja, setidaknya ada 7 tempat belanja kerajinan Jogja yang layak kamu kunjungi!

Sentra Kerajinan Batik Tulis Giriloyo 

Ada yang kurang setelah liburan di Jogja jika tak membawa pulang oleh-oleh batik. Pasalnya Jogja juga dijuluki kota batik dunia oleh World Craft Council. Dan salah satu tempat terbaik untuk berburu batik di Jogja adalah Sentra Kerajinan Batik Tulis Giriloyo yang terletak di Dusun Giriloyo dekat kawasan makam Imogiri. Di sana kamu bisa menemukan batik tulis berkualitas dengan aneka motif. Selain itu, kamu juga sekalian bisa belajar membatik menggunakan canting, dan diajari oleh para pengrajinnya langsung. Batik hasil karyamu juga bisa dibawa pulang.

Pasar Klithikan 

Kalau kamu suka barang-barang vintage, maka Pasar Klithikan ini dapat memuaskan hasratmu. Selain bisa menemukan kerajinan-kerajinan tradisional yang terbuat dari kayu atau rotan, kamu pun bisa menemukan barang-barang antik dengan harga yang sangat miring. Mulai dari pakaian bekas, novel stensilan, komponen otomotif, semua bisa kamu temukan di pasar yang beralamat di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 34, Kuncen, Yogyakarta ini.

Desa Wisata Kasongan  

Berburu oleh-oleh unik dan tak biasa di Jogja memang tak sulit-sulit amat, khususnya jika kamu pergi ke Kasongan yang tepatnya beralamat di Jl. Raya Kasongan No.3, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul. Tempat belanja kerajinan di Jogja satu ini juga disebut “kampung gerabah.” Di sepanjang jalan atau bloknya, kamu akan menemukan banyak showroom yang memperlihatkan produk-produk gerabah dan keramik yang cantik nan artistik. Kabar baiknya, kerajinan-kerajinan gerabah yang dijual para pedagang di sana dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat.

Desa Wisata Krebet 

Jika kamu mencari kerajinan batik yang lain daripada yang lain, datanglah ke Desa Wisata Krebet. Tak seperti kerajinan batik pada umumnya, para pengrajin di desa ini membuat kerajinan batik bukan di media kain, melainkan kayu. Adapun jenis kerajinan batik kayu yang dijual di sana antara lain topeng, patung, gantungan kunci, dan wayang. Harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Karya batik kayu dari para pengrajin juga diminati para wisatawan dari luar negeri.

Desa Manding 

Jika kerajinan gerabah dan batik kayu belum cukup bagi kamu, maka kamu mesti pergi ke Desa Manding, yang merupakan pusatnya kerajinan kulit di Jogja.  Kamu bisa menemukan tas kulit, dompet kulit, bahkan jaket kulit. Meski dijual dengan harga terjangkau, semua produk yang ada di Desa Manding merupakan produk kulit original. Soal kualitas pun tak perlu diragukan. Pasalnya, produk kerajinan dari Desa Manding sudah diekspor ke berbagai negara.

Pasar Seni Gabusan 

Jika kamu ingin menemukan kerajinan unik khas Jogja yang beragam dalam satu tempat, maka kunjungilah Pasar Seni Gabusan. Pasar dengan luas kurang lebih 4 hektar ini menjadi tempat berkumpulnya para pengrajin yang berasal dari kawasan Bantul. Kamu bisa menemukan aneka kerajinan batik, keramik, kulit, gerabah, kayu, dan bahkan logam untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Sentra Kerajinan Perak Kotagede 

Jika kamu ingin membeli kerajinan berbentuk perhiasan dengan harga bersahabat, Sentra Kerajinan Perak Kotagede-lah tempatnya. Sebagian besar masyarakat sekitar Kotagede berprofesi sebagai pengrajin perak sehingga jika banyak pilihan toko perak yang bisa kamu datangi. Kamu bisa menemukan aneka kerajinan perak dengan kualitas dan nilai seni tinggi. Seperti cincin, kalung, gelang, dan bros dengan harga puluhan ribu hingga jutaan.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa tempat belanja kerajinan di Jogja. Jangan khawatir, Jogja dikenal sebagai destinasi wisata murah meriah. Secara umum, produk-produk kerajinan karya para pengrajin lokal di sana dijual dengan harga bersahabat tapi berkualitas. Dijamin, orang-orang di rumah dan temanmu pasti puas jika kamu memberi mereka oleh-oleh unik khas Jogja dari tempat-tempat belanja kerajinan di atas!

Postingan populer dari blog ini

Tinggal Sendirian Sering Bangun Telat? Ini Dia 5 Tips Jitu Supaya Bisa Bangun Pagi

Super Cantik! Pantai-Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul – Jogja

Baru Pertama Kali Ke Jogja? Ini Dia Spot Nongkrong yang Nyaman Bersama Teman